Sabtu, 20 Agustus 2011

Browse: Home / Fakta Unik Tentang Cacing

Fakta Unik Tentang Cacing

Siapa yang tidak tahu cacing? Binatang menjijikkan ini selalu kita temui di daerah tanah basah dan lembap. Dibalik bentuknya yang menjijikkan, anda pasti tahu bahwa cacing memiliki banyak manfaat. Mulai dari menyuburkan tanah sampai menjadi umpan pancingan ikan. Oke, aku tidak akan banyak bacot lagi. Langsung saja kita lihat fakta-fakta unik apa saja mengenai hewan cacing ini.


Cacing tanah hanya akan memakan sesuatu yang dulunya pernah hidup. Jadi hanya memakan makhluk hidup yang sudah mati. Tidak mungkin cacing makan benda mati yang tidak pernah hidup seperti batu ini. Lebih baik batunya untuk melempari maling saja. Sakit tuh pasti.

  • Ketika cacing tanah membuat lubang ke dalam tanah, ini akan menyebabkan akar tanaman lebih subur atau berkembang lebih cepat
  • Apabila cacing terpotong menjadi dua atau beberapa bagian, maka hanya bagian yang mempunyai kepala yang bertahan hidup.
  • Lebih dari 3.000 spesies cacing tanah hidup di dunia. Bayangkan jika satu spesies cacing ada 1.000.000 ekor cacing(mengingat hampir di setiap tempat ada). Maka ada 3 Milyar cacing di dunia ini. . Tapi tenang, manusia masih lebih banyak dengan 5 Milyar penduduk.
  • Tahukah anda? Cacing tidak bisa melihat maupun mendengar! belum pernahkan anda liat cacing punya telinga Oh ya Cacing tanah juga tidak punya paru-paru tetapi menggunakan kulitnya untuk bernafas.
    Cacing memiliki 1(satu) hingga 5(lima) pasang bagian hati. Jadi hatinya bisa sampai sepuluh, lalu Cacing adalah hewan berdarah dingin, tubuhnya terdiri dari 80 % air.
    Cacing bisa hidup kira kira sekitar 3-4 tahun, tapi beberapa spesies cacing ada yang bisa hidup sampai 15 tahun. 
Sumber : Kaskus.us

Tidak ada komentar:

Posting Komentar