Kamis, 03 Maret 2011

Browse: Home / Internet Dalam Dunia Pendidikan

Internet Dalam Dunia Pendidikan


Internet telah berkembang pesat dan menjamur di seluruh Indonesia. Bahkan mungkin sudah sampai ke pelosok negeri kita ini. Tanpa kita sadari, internet telah bermain dalam separuh sisi penting kehidupan kita, sebagai contoh dalam hal pendidikan.
Tentunya kita teringat akan iklan komersil yang dulu sering ditampilkan di televisi, yaitu iklan Internet masuk sekolah (internet goes to school) yang menampilkan anak-anak desa yang mulanya hanya belajar terpaku pada buku dan guru mendapatkan kemudahan pengadaan jaringan internet di desa mereka. Hal ini juga merupakan salah satu contoh bahwa memang tanpa disadari internet merupakan salah satu hal yang penting dalam hidup kita.


Biasanya internet diidentikkan oleh hal-hal negatif, sebagai contoh yang mana para orang tua menganggap adanya internet akan mengganggu proses belajar sang anak. Padahal belum tentu, banyak hal yang tidak kita dapatkan di buku maupun guru dapat kita lihat dengan mengakses situs-situs yang berhubungan dengan pendidikan. Jadi, sebenarnya internet tidak dapat disalahkan, hanya saja bagaimana kebijaksanaan kita dalam menggunakan fasiltas ini.
Dengan ini, PT.Telkom Indonesia telah berupaya untuk memajukan bidang pendidikan dengan internet. Banyak sekolah-sekolah yang diberikan jaringan internet agar para murid di sekolah tersebut dapat mengakses internet kapan pun mereka mau. Program ini terkenal dengan sebutan Internet Goes To School (Education for Tomorrow. Program ini secara tidak langsung telah membantu proses belajar mengajar di sekolah itu sendiri.


Secara detail peranan internet di dalam dunia pendidikan khususnya bagi guru adalah sebagai berikut :

1. meningkatkan pengetahuan
2. berbagi sumber dengan seprofesi
3. kerjasama dengan guru diluar negeri
4. partisipasi dalam forum pendidikan
5. sumber bahan ajar

Sedangkan peranan bagi siswa sebagai berikut :
1. sumber pengetahuan
2. meningkatkan komunikasi dengan siswa lain
3. media praktek dari teori yang telah dipelajari.

kesimpulannya bahwa, internet memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan, dan dapat dijadikan media informasi dan pembelajaran modern seperti pengajaran jarak jauh.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar