Senin, 05 September 2011

Browse: Home / Cerita Katak di Rebus

Cerita Katak di Rebus

The boiling frog story is a widespread anecdot describing a frog slowly being boiled alive. The premise is that if a frog is placed in boiling water, it will jump out, but if it is placed in cold water that is slowly heated, it will not perceive the danger and will be cooked to death. The story is often used as a metaphor for the inability of people to react to important changes that occur gradually.

Begitulah kutipan secarik motivasi yang cukup terkenal di jerman, yang awalnya di populerkan oleh seorang physicologist Jerman yang bernama Friedrich Goltz, yang artinya kurang lebih:

Ketika anda diposisikan dalam tempayan yang sejuk anda merasa nyaman… begitu mulai dipanasi secara perlahan-lahan anda pun merasa tambah enak….hitung hitung mandi dengan air hangat…. ketika airnya sudah bukan hangat lagi dan bahkan malah panas….? andapun tidak mau mengobah pola hidup… akhirnya…….jadi lah anda ibarat katak yang mati konyol dalam rebusan air mendidih.


Cerita katak rebus diatas sesungguhnya dialamatkan kepada mereka yang selalu merasa nyaman dengan keadaan yang mereka miliki agar selalu mengamati setiap perubahan jaman yang terus berganti yang ada disekelilingnya. Ke engganan untuk keluar dari “comfort zone” dibarengi dengan ketidak tertarikan untuk mencoba sesuatu yang baru ataupun belajar sesuatu yang baru secara proactive biasanya akan berakhir seperti cerita katak diatas.




Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Subscribe to Kutu-Buku by Email

Tidak ada komentar:

Posting Komentar